Review Modern Combat 5 – Sebuah Contoh Apa Yang Dapat Dilakukan Mobile Gaming Di Masa Mendatang

    

 

Salah satu first person shooter yang paling ditunggu tahun ini yaitu Modern Combat 5 telah tersedia di Apple App Store dan juga Google Play Store. Saya tahu kamu sudah menunggu ulasan lengkapnya, namun sebenarnya kamu tidak membutuhkan ulasan panjang ini untuk membeli Modern Combat 5. Uang sebesar Rp. 79.000 yang kamu keluarkan akan terjustifikasi dengan mudah lewat gameplay dan konten yang akan membuat kamu terhibur dan juga mungkin menganga dengan kualitas grafisnya yang sangat bagus. Jika kamu membelinya dan ternyata kecewa maka ketahuilah bahwa tidak ada game sejenis yang lebih baik dari ini, itu mungkin batasan dari mobile game.Tapi oh boyModern Combat 5 telah menaikan batasannya ke tingkat yang baru.

Ulasan Single Player

Pembukaan Modern Combat 5 adalah salah satu pembukaan Modern Combat terbaik yang pernah ada. Kamu akan mulai mendekati musuh dari perairan secara diam-diam, lalu memulai aksi baku tembak yang luar biasa dan diakhiri dengan adu peluru dengan sebuah helikopter yang hanya mempunyai satu tujuan yaitu membunuh kamu. Adegan ini memacu adrenalin dan membuat kamu berpikir “Oh yes! Ini yang saya cari, saya siap! Misi berbahaya apa yang harus saya jalani selanjutnya?”. Namun sesudah itu game berlanjut dengan tempo yang lambat dan memasuki zona baru yang tidak ditemukan dalam seri Modern Combat sebelumnya.

Berbeda dengan Modern Combat sebelumnya di mana setiap misi membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 25 menit, sekarang Modern Combat 5memiliki misi yang
jauh lebih pendek (sekitar 3-10 menit) namun dengan jumlah dan variasi yang lebih banyak. Sebagai penggemar Modern Combatdari seri pertama, saya sedikit kaget. Saya tidak yakin apakah ini adalah perubahan yang menyenangkan atau sebaliknya, bahkan sampai sekarang setelah memainkannya puluhan jam saya masih belum bisa memutuskan.

Masalahnya dengan level yang jauh lebih pendek, pengalaman bermainnya menjadi seperti punuk unta. Ketika kamu sudah mulai menyukai sebuah misi, maka … bam! … 1 menit kemudian misi tersebut selesai. Antusiasme saya sering kali langsung turun setelah saya menyelesaikan sebuah misi. Namun saya juga mengerti bahwa menjalani misi panjang yang pada dasarnya berlindung dan tembak bisa sangat membosankan apalagi harus kamu lakukan sepanjang game. Di sinilah Modern Combat 5 berusaha untuk mengambil jalan tengah, ya memang misi menjadi jauh lebih pendek namun sebagai kompensasi kamu akan mendapatkan misi sampingan yang bervariasi.

Mulai dari mencegah kawanan musuh mencapai titik tertentu sampai dengan mendobrak pintu dan melakukan keputusan cepat untuk melumpuhkan musuh akan kamu hadapi di misi sampingan ini. Bagian terbaiknya adalah Gameloft memberikan sentuhan ekstra terhadap semua misi sampingan sehingga terasa solid dan bukan sebagai pengisi semata. Sebagai contoh di misi mendobrak pintu kamu akan diberikan waktu sekitar 15-20 detik dari saat pintu meledak untuk melihat keadaan dan memutuskan siapa yang kamu tembak duluan. Yang memegang pemicu bom? Penjahat yang sudah siap mengeksekusi tawanan? Atau bahkan orang yang sedang kabur? Semakin lama, misi sampingan ini akan menjadi semakin sulit terutama jika kamu membiarkan salah satu penjahat kabur karena dia akan memperingatkan musuh selanjutnya.

Selain misi sampingan kamu juga akan diperkenalkan dengan sistem loadoutyang dapat kamu ubah sesuai kemauan kamu. Biasanya ini hanya dapat dilakukan dalam mode multiplayer, namun kali ini Gameloft juga memutuskan untuk mengikutkan mode ini dalam single player. Jadi kamu bebas menentukan variasi senjata dan berbagai equipment kamu sebelum memulai misi. Tapi tetap saja kamu harus pintar-pintar melihat situasinya, menggunakan shotgun yang ampuh dalam jarak dekat untuk misi yang membutuhkan serangan jauh adalah tindakan bunuh diri.

Seiring kamu bermain mode single player kamu juga akan mendapatkan experience dan membuka berbagai senjata baru yang uniknya
dapat digunakan juga di mode multiplayer. Dengan begini kamu dapat naik level dengan cara bermain single dan multiplayer. Jadi, jika kamu sedang merasa ditindas pada mode multiplayer maka kamu bisa menamatkan dulu single player sehingga karakter naik level dan membuka senjata baru untuk kamu pakai di multiplayer. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Dua peningkatan yang sangat terasa di Modern Combat 5 adalah AI dan juga recoil senjata. AI terasa lebih pintar walaupun memang masih ada kejadian bodoh seperti mengarahkan senjata ke tembok sedangkan saya berada tepat di depannya. Namun kebodohan mereka sudah jauh berkurang dibandingkan sebelumnya. Jika kamu mendesak musuh dengan tembakan maka AI akan mencoba untuk mencari tempat berlindung dan menembak balik sewaktu kamu reload
senjata. Mereka terasa lebih
hidup dan tidak diam mematung selama kamu menembaki mereka. Menembak juga sudah tidak semudah dulu, recoil senjata akan terasa sangat hebat jika kamu memberondong musuh. Jadi sudah tidak ada lagi gaya Rambo di Modern Combat 5.

Kualitas grafis Modern Combat 5 seperti biasa sangat mengagumkan. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Modern Combat 4 secara sekilas, namun kamu bisa merasakan detail yang
jauh lebih baik. Sebuah tempat akan penuh dengan objek dan terlihat alami sebagaimana mestinya. Animasi juga terlihat lebih alami, bahkan ketika kamu mengarahkan senjata ke kiri atau ke kanan maka pergelangan tangan yang memegang senjata juga akan berubah dan tidak statik. Artikulasi mulut ketika karakter berbicara juga sudah sesuai dengan ucapan dan bahkan rambutnya pun akan bergerak sesuai dengan gerakan tubuh. Singkat kata Modern Combat 5 membawa detail tingkat baru untuk sebuah game mobile.

Satu komentar negatif saya adalah mengenai sound dari game ini yang sedikit kurang bertenaga dan detail. Di tengah aksi luar biasa saya terkadang merasakan sesuatu yang hambar dan itu karena sound effect yang kurang ramai. Jadi apakah saya suka dengan single player Modern Combat 5: Blackout? Tentu saja. Namun saya berharap aksi utamanya bisa sedikit lebih panjang karena ada beberapa level keren yang sayangnya hanya berlangsung 5-10 menit. Misi sampingan yang Gameloft coba implementasikan untungnya terasa solid dan berhasil menambah pengalaman bermain menjadi lebih seru dan lebih bervariasi.

Ulasan Multiplayer

Mode multiplayer adalah alasan mengapa saya memainkan Modern Combat. Single player mungkin akan membuat kamu sibuk selama beberapa jam, namun mode multiplayer dapat membuat kamu sibuk sampai tahun depan atau tepatnya sampai Modern Combat 6 dirilis.

Jika kamu telah menamatkan mode single player maka kamu akan memulai mode multiplayer dengan sedikit bekal senjata yang lumayan dan ini adalah sesuatu yang saya suka dari implementasi unified progression Modern Combat 5 kali ini. Walaupun sayangnya sekarang sudah ada banyak lawan yang berkeliaran dengan senjata yang lebih kuat sehingga kamu akan mengalami masa dibantai sebelum akhirnya mendapatkan senjata yang lebih baik.

Ini adalah salah satu bagian yang saya sayangkan karena terlepas dari banyaknya senjata dan juga equipment, namun Red-34 merupakan senjata paling kuat untuk sekarang dan tidak ada alasan untuk menggunakan senjata lain. Senjata ini sekarang termasuk ke dalam kategori over powered dan kemungkinan besar Gameloft juga sudah menyadari hal ini dan akan melakukan penyeimbangan di update selanjutnya sehingga senjata kembali seimbang.

Kamu juga akan merasakan sedikit penurunan kualitas terutama dari segi banyaknya objek di peta untuk membuat gameplay tetap lancar dengan 10 orang berlari dan saling menembak. Tapi jangan sampai ini membuat kamu merasa bahwa grafisnya akan menurun jauh, sama sekali tidak. bahkan di satu peta Gameloft menggunakan kabut di seluruh area, kabut adalah sesuatu yang biasanya dihindari developer karena benar-benar mempengaruhi performa. Yang membuat saya lebih kagum adalah jika kamu ke ujung peta yang berkabut ini kamu akan menemukan sebuah kipas yang sedang berputar. Tidak akan ada yang peduli tentang kipas yang berputar terutama di ujung peta tapi Gameloft tetap membuatnya untuk menciptakan kesan realistis.

Peta multiplayer dibuat dengan baik dan cenderung mengedepankan aksi cepat di mana kamu akan menemukan musuh dalam 15 detik setelah spawn.Namun terkadang sistem spawn
yang aneh sering kali menghidupkan saya tepat
di samping musuh sehingga saya akan mati lagi. Memang untuk sekarang multiplayer Modern Combat 5: Blackout terbilang baik-baik saja, tetapi menurut saya kurang gemuk dengan konten seperti peta atau jenis kill streak bonus. Saya tidak ragu di masa mendatang Gameloft akan menambahkan berbagai konten baru seperti yang mereka telah lakukan sebelumnya, namun sejujurnya saya mengharapkan lebih banyak peta di Modern Combat 5 ini.

Satu hal yang tidak terkait dengan game secara langsung namun perlu saya sebut adalah kamu akan menemukan pemain dewa dalam Modern Combat 5. Pemain seperti ini bukanlah cheater walaupun mereka sangat terlihat jago, namun karena mereka menggunakan controller seperti MOGA dan menggunakan senjata Red-34 yang saya sebut tadi. Hal ini membuat saya sangat sulit untuk mengimbangi mereka dan terkadang ini cukup mengesalkan. Jadi jika kamu benar-benar ingin menjadikan Modern Combat 5 sebagai game utama maka kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk membeli controller tersendiri untuk bisa bersaing dengan pemain lain.

Kamu mungkin sudah tidak membaca bagian ini karena sudah sibuk menuju App Store terdekat (Modern Combat 5 tersedia untuk iOS & Android). Namun jika kamu masih membutuhkan kata-kata motivasi untuk membeli Modern Combat 5, maka tidak ada lagi yang bisa saya katakan. Modern Combat 5adalah sebuah game yang menunjukkan apa yang mungkin dilakukan mobile gaming di masa mendatang.

Artikel asli: https://id.techinasia.com/review-modern-combat-5

 

Post Author: SKteam