33 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Memang menyebalkan memiliki tampilan bibir hitam. Terlihat tidak cantik, tidak elegan, serta mengurangi kesempurnaan penampilan anda hari ini. Rona wajah cerah akan terlihat kusam jika bibir seksi anda berwarna hitam.

Bibir merah memang paling favorit bagi para kaum adam. Sehingga banyak wanita yang di usia dewasa menggunakan perona bibir semacam lipstick untuk mempesonakan dirinya. Bukan hanya nampak menggairahkan, bibir merah memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan senyuman anda terlihat sempurna dengan lukisan bibir merah.

Tentu anda bertanya, dimana bibir merah yang seharusnya anda miliki? Berikut ini adalah alasan mengapa bibir anda berwarna hitam.

1. Panasnya terik matahari

Alasan pertama mengapa bibir anda hitam adalah akibat terlalu seringnya mendapat pancaran panas terik matahari. Untuk itu sangat disarankan selalu menggunakan lip balm sebagai protect bibir anda. Jangan lupa untuk melihat ingredients, apakah sudah mengandung SPF tinggi atau belum. Sebab yang paling berperan dalam melindungi dari terik matahari adalah kandungan SPF tersebut.

2. Seringnya pakai lipstik

Bahaya lipstik adalah memberikan efek jangka panjang seperti bibir hitam. Beberapa wanita memang menyukai penampilan sempurna dengan bibir merah merekah. Ternyata hal ini adalah salah satu penyebab bibirnya menghitam. Bukan berarti anda dilarang memakai lipstick. Hanya saja, kandungan paraffin dan logam pada lipstick yang mampu berpotensi menjadikan bibir anda tidak sehat. Jika anda terlalu lama menggunakan, apalagi sampai lupa dibersihkan sebelum tidur. Keadaan ini mampu menjadikan penumpukan zat-zat tadi yang menyebabkan bibir anda hitam.

3. Kebiasaan merokok

Salah satu tanda pecandu rokok adalah memiliki bibir menghitam, tidak hanya bibir hitam, bahaya merokok juga dapat merusak seluruh organ dan menjadi penyebab penyakit paling mematikan di dunia. Dalam kandungan rokok terdapat nikotin yang tinggi. Hal ini menjadikan pigmen bibir anda menebal. Sehingga mampu menjadikan bibir anda tidak sehat. Misalnya bibir menjadi pecah-pecah, menghitam, dan kering.

4. Mengeringnya bibir

Bukan hanya kelembaban kulit yang seharusnya anda perhatikan. Kelembaban bibir juga sangat penting. Sebab bibir yang tidak lembab menjadi rusak, seperti pecah-pecah dan menghitam.

5. Kebiasaan Menggigit bibir

6. Konsumsi teh dan kopi

Kebiasaan meminum teh dan kopi memang kurang baik untuk anda. Salah satunya mampu menjadikan bibir anda hitam. Sebab kandunganya terdapat kafein tinggi. Solusinya adalah dengan mengurangi konsumsi teh dan kopi anda (bahaya kopi dan bahaya minum teh).

7. Kurang buah

Kebiasaan buruk, seperti tidak sukanya mengonsumsi buah mampu menjadikan bibir ada hitam. Sebab kandungan vitamin C dalam buah mampu menjaga bibir anda. Akibat jika anda kekurangn vitamin C adalah bibir menjadi tidak sehat dan menghitam. Karena pigmentasi kulit bibir lebih cepat terjadi.

8. Alergi

Beberapa orang mengaku alergi kosmetik, sehingga membuat bibirnya tampak menghitam. Keadaan bibir tidak sehat ini terjadi karena ia sembarangan memilih dan menggunakan kosmetik. Beberapa kandungan yang mampu membuat bibir anda menjadi hitam adalah kadar timbale, mercury, dan wax yang cukup tinggi membuat bibir anda menghitam. Solusinya dengan selalu membaca ingrediens lipstick dan disesuaikan dengan kondisi bibir anda.

9. Kurang nutrisi

Kejadian kurang nutrisi biasanya terjadi pada orang-orang yang sedang menjalani program diet. Sebab asupan nutrisi yang seharusnya ia peroleh dari makanan yang biasa diperoleh sehari-hari harus dikurangi. Sehingga vitamin yang mampu menjadikan bibir anda cerah tidak bisa dikonsumsi. Akibatnya bibir anda malah menghitam dan tampak tidak menyegarkan.

10. Keadaan tubuh menua

Pengaruh merahnya bibir anda juga diperngaruhi oleh kerja dan aktivitas hormone. Salah satu yang paling berperan dalam hormone wanita adalah esterogen. Bukan hanya bekerja untuk reproduksi, esterogen berperan penting dalam proses regenerasi kulit, termasuk kulit bibir. Usia anda yang semakin menua membuat kadar esterogen menurun. Sehingga kulit tak mampu regenerasi lagi. Hal ini menjadikan bibir anda menghitam. Bahkan untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit, hormone ini juga sudah tak mampu.

12. Konsumsi obat

Anda pernah memperhatikan kondisi sanak saudara atau teman anda yang ada di rumah sakit karena sakit keras? Lihatlah bagian bibirnya, pasti tampak menghitam. Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi obat dokter terlalu bnayak, terlalu sering juga mampu menjadikan bibir hitam. Apalagi jika kasusnya obat tersebut tidak cocok dengan tubuh anda.

13. Keturunan biologis

Terlepas dari segala hal yang menjadi kebiasaan buruk anda, bibir hitam bisa saja terjadi karena keturunan atau factor genetis. Jika kedua orang tua anda memiliki bibir hitam secara genetis, kemungkinan besar anak juga mewarisi bibir hitam tersebut.

14. Konsumsi Alkohol

Bahaya alkohol bagi kesehatan memang mematikan dan dapat menyebabkan sirosis hati hingga berbagai kelainan dan kerusakan bagian tubuh lainnya. Selain itu bibir anda akan menghitam jika mengkonsumsi secara berlebihan.

15. Konsumsi Narkoba

Tidak bisa dipungkiri bahaya narkoba tidak ada solusinya, kematian menanti, namun sebelum itu seluruh keluarga dan orang terkasih serta harta benda akan habis karena narkoba. Selain itu efek paling cepat dirasakan adalah bibir menghitam. Konsumsi berbagai jenis narkoba dapat menjadi penyebab bibir hitam secara permanen.

16. Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat menjadi penyebab bibir hitam yang paling umum karena bibir akan terlihat membiru dan cenderung menghitam. Jika terjadi anemia, makanan penambah darah sebaiknya rutin anda konsumsi agar kembali normal.

Cara Mengatasi

Untuk itu ada beberapa tips membuat bibir anda tampak merah dan menyegarkan lagi. Caranya :

  • Olesan Lemon dan madu. Kandungan pada madu mampu menjadikan bibir anda menjadi merah muda. Sedangkan lemon sangat baik bekerja dalam pengelupasan tan dari bibir. Ramuan ini cocok untuk anda oleskan pada bibir sehari sekali. Jangan lupa untuk membersihkanya dengan air hangat setelah satu jam kemudian.
  • Pakai Gliserin. Bibir menjadi tidak sehat, seperti kering, pecah-pecah, dan menghitam bisa dikarenakan pigmentasi kulit. Untuk itu anda harus menjaga kelembaban bibir anda. Salah satu caranya dengan olesan gliserin sebelum tidur. Selain melembabkan, mampu menjadikan bibir merah.
  • Banyak minum air putih. Air putih memang sangat baik untuk tubuh. Selain untuk mencegah dehidrasi, konsumsi 8 gelas perhari juga membuat bibir anda merah dan merona.
  • Olesan almond oil. Bibir yang hitam mampu diatasi dengan olesan almond oil. Pakailah sebeluum anda tidur. Sebab manfaatnya mampu mencerahkan kulit bibir anda.
  • Konsumsi Jus mentimun. Meski banyak yang tidak suka, ternyata manfaat mentimun baik untuk kesehatan bibir anda. Minumlah jus mentimun untuk membantu mencerahkan bibir kusam anda.
  • Olesan Olive oil. Minyak zaitun sangat handal untuk menjadikan bibir anda menjadi cerah kembali. Apalagi kandungan omega 3 dan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya menyehatkan dan merawat, namun juga memberikan rona pink. Caranya dengan mengoleskan sebelum tidur pada bibir anda.
  • Gunakan Lip balm SPF 30 Jangan lupa untuk menggunkan lip balm SPF 30 ketika keluar rumah. Keadaan pancaran matahari sangat tidak baik untuk kulit anda, apalagi sinar ultra violetnya.

Itulah beberapa hal yang menjadikan bibir anda menghitam.

 

 

 

 

Sumber: (https://halosehat.com)

Post Author: SKteam