Rekomendasi Cleanser yang Cocok Sesuai Jenis Kulit Kamu

Kulit yang bersih adalah kunci dari wajah mulus dan bebas jerawat. Jadi, sebagus apapun krim atau serum yang dipakai, rasanya akan kurang maksimal hasilnya jika kondisi wajah masih belum bersih sempurna. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cleanser adalah produk yang perlu dipakai setiap hari untuk mengangkat kotoran dengan baik. Jika cleanser yang digunakan memiliki formula yang gentle, kamu bisa bernapas lega karena tak akan menimbulkan masalah kulit baru. Nah, tantangannya adalah, memilih cleanser yang cocok dengan kulit memang bukan hal yang mudah. Apalagi, cleanser yang tersedia di pasaran saat ini jenisnya bermacam-macam. Nah, dari sekian banyak jenis cleanser yang ada, kamu cenderung lebih memilih yang mana, sih?

 

Facial Foam

THE BODY SHOP ALOE VERA FACE WASH – NEOGEN REAL FRESH FOAM GREEN TEA – SENKA PERFECT WHIP

 

Facial foam adalah jenis cleanser yang memiliki tekstur berbentuk busa. Tekstur busa ini bisa didapatkan begitu produk dipompa, atau harus dibuat terlebih dahulu menggunakan foaming net. Facial foam dianggap cukup ideal dalam mengangkat minyak, makeup, hingga sisa sunscreen pada kulit. Ada beberapa cleanser dalam jenis ini yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga penggunaannya sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone. Meski begitu, tak sedikit pula produk facial foam yang memiliki formula khusus sehingga dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

 

Gel Cleanser

COSRX LOW PH MORNING GEL CLEANSER – CLINIQUE WASH-AWAY GEL CLEANSER – AVENE CLEANANCE CLEANSING GEL

 

Sesuai dengan namanya, gel cleanser merupakan pembersih wajah bertekstur gel yang ringan, namun mampu membersihkan wajah secara mendalam. Jenis cleanser ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi, serta memiliki masalah dengan pori-pori tersumbat. Minyak pada permukaan kulit dan bakteri penyebab jerawat dapat terangkat dengan baik menggunakan cleanser berbentuk gel. Dalam penggunaan jangka panjang, cleanser ini dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Bagi kamu yang gemar berolahraga, gel cleanser sangat direkomendasikan untuk dipakai sesudah berolahraga karena dapat mengangkat kotoran dan keringat secara efektif.

 

 

Cream Cleanser

NEUTROGENA DEEP CLEAN CREAM CLEANSER – PAULA’S CHOICE SKIN RECOVERY SOFTENING CREAM CLEANSER – POND’S COLD CREAM CLEANSER

 

Cream cleanser adalah pembersih wajah tanpa busa yang memiliki tekstur krim. Jenis cleanser ini mengandung emulsi dan minyak alami yang dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa menghilangkan lapisan minyak pada kulit. Formulanya yang gentle dan hydrating, cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering atau dehidrasi. Kandungan minyak dalam cream cleanser juga mampu membersihkan wajah dari kotoran dan makeup secara maksimal. Setelah menggunakan cleansing cream, jangan lupa bersihkan kembali wajah dengan toner atau facial wipes untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa.

 

Cleansing Oil

SHU UEMURA CLEANSING OIL – BIORE CLEANSING OIL – INNISFREE APPLE SEED CLEANSING GEL

 

Memiliki sifat ‘oil attracts oil’, cleansing oil adalah pembersih wajah yang mampu menyerap minyak dan kotoran sekaligus menutrisi kulit. Cleansing oil merupakan jenis pembersih wajah yang paling ampuh untuk mengangkat makeup hingga bersih sehingga sering digunakan sebagai first cleanser pada metode double cleansing. Cleansing oil juga digemari banyak wanita karena selain bisa membersihkan makeup dan kotoran, namun bisa melembapkan kulit berkat kandungan minyaknya. Setelah membersihkan wajah dengan produk ini, kamu perlu menlanjutkannya dengan foaming/gel cleanser agar tidak ada residu dari cleansing oil yang tersisa. Oh iya, saat memilih cleansing oil, pastikan produk yang digunakan bersifat non-comedogenic ya agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat!

 

 

 

 

Sumber: (https://www.vemale.com)

Post Author: SKteam