Pentingnya Sunblock Bagi Kulit!

Sunblock atau atau biasa dikenal dengan  tabir surya merupakan kandungan anorganik yang berfungsi sebagai dinding antara kulit dengan paparan sinar matahari secara langsung. Dengan kata lain sunblock atau tabir surya ini merupakan upaya untuk melindungi kulit manusia dari bahaya radiasi yang dihasilkan dari paparan sinar matahari. Permukaan kulit yang dilapisi dengan sunblock akan terlindungi karena paparan sinar matahari akan terpantul sebelum mengenai kulit dan sinar UV akan terblokir sehingga tidak meresap ke kulit. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulit luar tidak akan mengenai kulit.

 

Kandungan Dalam Sunblock yang paling kita kenal adalah SPF

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu Anda sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Jadi, jika biasanya Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai kulit Anda mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun, dan Anda menggunakan SPF 10, produk tersebut akan memperpanjang waktu Anda hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar, atau 15×10 menit = 150 menit alias 2,5 jam. Jika kulit Anda biasanya terbakar matahari dalam 10 menit jika tidak pakai krim pelindung, dan Anda menggunakan SPF 30, maka krim ini akan melindungi Anda dari paparan matahari selama 300 menit. Dan seterusnya.

Semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. SPF10 melindungi Anda dari terik matahari sama baiknya dengan SPF15 atau SPF50 sekalipun. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak menyediakan 100% proteksi dari risiko kulit gosong. Namun, produk ber-SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, seperti kanker kulit.

Ini dia manfaat sunblock bagi kulit kamu:

1. Lapisan ozon yang melindungi bumi semakin menipis dan Anda membutuhkan perlindungan lebih dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

Image result for awas sinar matahari

 

2. Sunblock mencegah timbulnya flek hitam pada wajah dan warna kulit tidak rata

Image result for flek hitam uv

 

3. Mencegah kerusakan jaringan kulit

Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung berdampak pada rusaknya jaringan pada kulit. Tidak hanya jaringan permukaan (epidermis) saja, tapi juga jaringan kulit yang lebih dalam. Rusaknya jaringan kulit biasanya disebabkan karena intensitas cahaya yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, pengaplikasian sunblock dapat mencegah rusaknya jaringan kulitmu.

Image result for Mencegah kerusakan jaringan kulit

 

4. Menurunkan risiko kanker

Menggunakan sunblock secara rutin setiap hari untuk memberikan lapisan pelindung di dalam kulit yang bisa mencegah berbagai jenis kanker, terutama melanoma yang bisa menyerang wanita mulai usia 20-an. Langkah kecil menggunakan sunblock memberikan manfaat terbaik yang maksimal.

Image result for kanker kulit

 

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Kolagen, keratin, dan elastin merupakan protein kulit yang sangat penting dan bisa dilindungi oleh sunblock. Tiga jenis protein ini dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan sehat. Pastikan tabir surya yang memiliki kandungan titanium oxide yang memberikan banyak manfaat untuk kulit.

Image result for kesehatan kulit

 

Post Author: SKteam