Review République – Mata Dewa

République | Featured

Sekarang ini ada puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu game eksis di berbagai platform yang pernah ada. Dengan tingginya kuantitas game yang ada, tentunya cukup sulit menemukan game berkualitas dengan ide yang segar dibarengi dengan eksekusi yang baik. Untungnya, minggu ini saya berkesempatan untuk menjajal game yang masuk kategori memiliki ide segar sekaligus memiliki eksekusi yang baik. Game yang saya maksud adalah République.

République memang bukanlah sebuah game yang 100% baru. Game ini telah tersedia di iPad dari akhir tahun 2013, dan kemudian dirilis untuk Androidhampir setahun sesudahnya. Kini lebih dari setahun sesudah versi iOS dirilis, Camouflaj selaku developer merilis République versi PC dan Mac dengan peningkatan kualitas grafis yang cukup signifikan. Lalu, apakah Républiquemerupakan game yang wajib kamu mainkan? Serta bagaimanakah perbandingan antara versi PC dengan versi mobile? Cek detailnya di sini.

Karaktermu Adalah Dirimu Sendiri

République | Screenshot (1)

République memiliki latar belakang di sebuah daerah distopia totaliter tak bernama yang terinspirasi dari novel 1984 karangan George Orwell. Di awal permainan kamu akan dikenalkan dengan Hope, seorang wanita yang terjebak di dalam sebuah tempat bernama Metamorphosis yang dijaga ketat oleh pasukan yang bernama Prizrak. Dengan bantuan seorang agen rahasia dalam Prizrak, Hope berhasil menggunakan handphone untuk menghubungi kamu, ya kamu, dan memintamu agar bisa membantunya keluar dari Metamorphosis.

Berkat pertolongan sang agen misterius yang ada di Prizrak, kamu bisa mengakses kamera-kamera pengawas yang ada di Metamorphosis dan membantu Hope untuk melarikan diri dengan cara mengawasi keadaan sekitar dia dan memberi tahu ke mana Hope harus pergi.

République | Screenshot (2)

Yang menarik dari République adalah bagaimana game menyampaikan adegan-adegan khusus dalam game tetap menggunakan sudut pandang dari kamera, baik kamera pengawas di Metamorphosis maupun kamera di handphone Hope. Hal ini memberikan gaya penyampaian cerita yang menurut saya sangat unik dan lebih menarik daripada gaya penyampaian cerita menggunakan sudut pandang kamera yang terasa seperti menonton film.

Tidak sampai di situ saja, game juga memiliki kualitas penulisan dialog-dialog yang sangat berkualitas. Entah itu dialog yang terjadi langsung di hadapanmu, ataupun dialog-dialog dalam wujud rekaman atau hal-hal trivial lainnya. Membaca dan mendengarkan berbagai konten cerita dalam République betul-betul terasa menyegarkan pikiran.

Beri Harapan Kepada Hope

République | Screenshot (3)

Seperti yang disinggung di atas, dalam République tugas kamu adalah membimbing Hope menuju tempat yang ingin dia capai. Untuk mewujudkannya kamu harus memperhatikan lingkungan sekitar Hope menggunakan kamera pengawas dan memastikan para penjaga tidak melihat Hope. Kamu bisa saja bermain tanpa menyentuh lawan sama sekali, tapi kadang kala akan ada situasi yang memaksa kamu untuk menghabisi penjaga diam-diam menggunakan gas air mata atau setruman. Apapun yang mau kamu lakukan terhadap penjaga atau lingkungan sekitar, kamu cukup mengeksekusinya dengan cara memerintahkan Hope melalui sebuah klik di mouse.

Selain itu game ini juga memiliki berbagai benda yang bisa kamu koleksi dengan cara menemukannya selama petualangan atau mencopetnya dari Prizrak yang menjaga. Bedanya jika game lain memiliki benda-benda sampingan hanya demi membuat game jadi lebih panjang atau demi mendapatkan achievement, dalam République mengumpulkan benda-benda tersebut merupakan hiburan tersendiri karena setiap benda yang kamu dapatkan memiliki cerita tersendiri atau akan memicu monolog yang sangat menarik dari sang agen yang menemani perjalananmu melalui suara saja. Menariknya beberapa benda yang dapat dikoleksi merupakan referensi ke berbagai game indie lain dalam wujud disket (di versi mobile game berbentuk cartridge) beserta komentar menarik dari si penjaga Prizrak yang membantumu.

République | Screenshot (4)

Seiring berjalannya permainan, kamu juga bisa memeriksa konten-konten ekstra yang memberikan penjelasan lebih jauh tentang latar belakang cerita di République. Konten ekstra ini juga memberikan kamu semacam mata uang dalam game yang berfungsi untuk membeli upgrade kemampuan. Beberapa kemampuan yang bisa kamu upgrade adalah kemampuan untuk memprediksi pola gerakan penjaga, membuat pengalih perhatian penjaga, dan lain-lain. Dari berbagai fitur ini nampak sekali bagaimana République mampu membuat keharmonisan yang baik antara cerita dan gameplay, sesuatu yang sering dicoba oleh banyak developer, namun berujung ke kegagalan.

Mobile VS. PC

Kita sampai ke bagian perbandingan. Mungkin saja kamu termasuk orang yang sudah memainkan République di mobile dan penasaran ingin menjajal versi PC, atau mungkin sebaliknya. Lalu, kira-kira versi manakah yang menyajikan pengalaman bermain yang lebih superior? Untuk menjawabnya kita perlu melihat ke beberapa poin.

République | Screenshot (5)

Untuk urusan kualitas visual, tidak perlu dibahas lebih lanjut lagi versi PC jelas memiliki grafis yang jauh lebih bagus daripada versi mobile. Versi PC dibangun menggunakan Unity 5 sedangkan mobile dibangun dengan Unity 4. Tentunya kemampuan hardware dan absennya baterai (kecuali di laptop) membuat versi PC tidak memerlukan optimisasi visual sebesar versi mobile.

Sedangkan di bagian kontrol, kedua versi memiliki kontrol yang amat sangat nyaman. Karena game ini memang memiliki kontrol yang simpel yaitu terbatas di klik, klik, dan klik saja, baik menggunakan mouse ataupun touchscreenmemberikan pengalaman yang kurang lebih sama. Namun jujur karena saya memang lebih sering bermain menggunakan PC daripada tablet atau smartphone, saya lebih nyaman menggerakkan kamera dan mengakses shortcut menggunakan keyboard daripada tergantung 100% kepada layar sentuh seperti yang ada di versi mobile. Tentunya kalau kamu lebih biasa main mobile dibanding saya, jawaban yang keluar mungkin saja berbeda.

Republique Ep 3 | Screenshot 1

Grafis versi mobile

Tapi tentu saja versi mobile memiliki keunggulan dari segi portabilitas. Kamu bisa memainkan game ini kapanpun dan di mana pun menggunakan tabletatau smartphone. Sayangnya memainkan versi mobile kurang terasa nyaman bagi saya karena hal-hal minor. Yang paling terasa tentunya adalah bagaimana perangkat yang saya gunakan (iPad Air) terasa begitu tidak nyaman dipegang ketika sedang terjadi dialog dalam game. Suara yang dihasilkan game ini membuat perangkat saya bergetar begitu kuat sehingga memegangnya saja sudah memberikan perasaan tidak nyaman. Tapi ingat, ini kemungkinan terjadi karena saya memang jarang bermain game mobilemenggunakan tablet.

Jika kamu belum pernah memainkan versi mobile dari République, saya akan sangat menyarankan kamu mengambil versi PC saja daripada versi mobile. Tapi kalau kamu sudah menjajal game ini di mobile terlebih dahulu, tidak perlu mengulang dan lanjutkan saja permainan kamu di mobile. Karena kebanyakan perbedaan yang ada tidak terlalu berpengaruh pada cerita atau gameplay, hanya masalah penyesuaian kenyamanan bermain dan peningkatan grafis saja.

Kesimpulan

République | Screenshot (6)

République jelas merupakan sebuah game sangat berkualitas yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Mulai dari gameplay, cerita, sampai ke hal-hal minor dan trivial sangat menarik untuk diikuti. Mudahnya kontrol baik untuk versi PC maupun mobile membuat game ini sangat aksesibel untuk berbagai kalangan. Tidak banyak lagi yang bisa saya komentari tentang République. Jika kamu belum memainkan game ini, segera ubah fakta tersebut dan mulai mainkan. Baik versi mobile maupun PC merupakan gameyang sangat berkualitas dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Saat ini baik versi PC maupun mobile telah memiliki 3 dari 5 episode yang mendapatkan update baru di waktu yang cukup acak. Jangan jadikan itu alasan untuk melewatkan République ya, karena sesuai yang pernah dibahas di obrolan Games in Asia, bermain game episodik sambil menunggu episode baru itu memiliki kelebihannya tersendiri juga lho.

Artikel Asli: https://id.techinasia.com/review-republique

Post Author: SKteam