Atasi Siku Kering Yuk!

Siku kering merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami para wanita, bahkan bagi wanita yang tidak memiliki kulit kering sekalipun. Area siku memang lebih mudah mengalami kekeringan jika dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh tebalnya kulit pada area siku karena harus mampu menahan gerakan peregangan secara konstan. Selain itu, kelenjar minyak pada area siku juga lebih sedikit sehingga bagian ini cenderung lebih mudah kering jika dibandingkan dengan area kulit lainnya.

Selain akibat ketebalan kulit dan minimnya kelenjar minyak pada siku, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan siku kering. Di antaranya adalah gesekan antara kulit dan pakaian, dehidrasi, kebiasaan merokok, perubahan hormon, dan penyakit kulit eczema. Memang tidak ada kondisi kesehatan parah yang dapat diakibatkan oleh kondisi ini. Hanya saja, siku kering sering dianggap mengganggu karena tampilannya yang terlihat gelap dan kusam. Bahkan jika didiamkan, kondisi yang terlalu kering bisa menimbulkan rasa sakit atau perih. Yuk, rawat dengan cara-cara berikut!

 

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Jangan kulit wajah saja yang dieksfoliasi, kulit siku pun membutuhkan eksfoliasi rutin, lho! kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit siku saat mandi sebanyak 2-3 kali seminggu menggunakan loofah, pumice, atau exfoliating scrub. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati dan membuat siku menjadi terlihat sehat, cerah, dan halus. Sesudah melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk segera mengaplikasikan pelembap pada siku.

Hasil gambar untuk siku kering

 

Turunkan Suhu Air Mandi

Mandi dan berendam air hangat setelah seharian beraktivitas mungkin terdengar menyenangkan. Namun, kebiasaan ini dapat membuat kulit siku semakin kering. Coba turunkan suhu air mandi kamu menjadi hangat suam-suam kuku. Dengan begitu, air mandi yang digunakan tidak akan bersifat terlalu mengeringkan. Selain itu, mandi dalam durasi yang lama juga dapat menyebabkan kulit siku kering. Batasi waktu mandi dan berendam menggunakan air hangat untuk mencegah kulit semakin kering. Jangan lupa untuk segera mengaplikasikan pelembap seusai mandi.

 

Gunakan Humidifier

Tinggal di ruangan dengan udara yang kering dapat menyebabkan kulit semakin kering. Entah itu karena faktor cuaca ataupun karena penggunaan AC yang berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan pada udara dan membantu melembapkan kulit. Satu hal yang perlu kamu ingat saat menggunakan humidifier, selalu jaga kebersihan humidifier dan ganti air setiap sehabis penggunaan.

 

Lembapkan Siku dengan Emollient Cream

Untuk mengatasi kulit siku kering, penggunaan lotion biasa tidaklah cukup. Butuh pelembap dengan intensitas tinggi untuk menjaga kelebapan dari siku. Salah satu produk yang dapat kamu gunakan untuk merawat siku kering adalah emolient cream. Jenis krim ini dapat menjaga hidrasi pada kulit sekaligus membentuk lapisan pelindung kulit. Agar kelembapan kulit sikut dapat terjaga secara maksimal, kamu bisa mencari produk yang memiliki kandungan lanolin, soy streol, dan sunflower seed oil.

 

Perhatikan Bahan Pakaian yang kamu Kenakan

Pakaian atau selimut yang kamu gunakan juga dapat menjadi penyebab dari siku kering, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Ada jenis-jenis kain tertentu yang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit sensitif. Jika kamu menyadari perubahan tekstur saat kulit bergesekan dengan jenis kain tertentu, hentikan penggunaan material tersebut dan ganti dengan kain yang lebih ramah terhadap kulit. Selain memperhatikan material pakaian dan selimut, pastikan juga detergen yang kamu gunakan bebas dari iritan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

 

 

 

 

 

Sumber: (https://www.vemale.com)

Post Author: SKteam