10 Kesalahan Saat Pakai Skin Care Ini Bikin Kamu Malah Jerawatan

Bingung nggak sih kalo kita sering banget jerawatan? Apalagi kalo udah sering banget ngerawt dan ngejaga kulit kita. Nah mungkin ada yang salah pas kita pake skincare, dan nggak cuma satu mungkin banyak. Kita bakal maparin apa aja kesalahan saat pake skincare yang bikin kulit kita berjerawat.

 

 

1. PAKE SKINCARE TERLALU BANYAK DAN NGGAK SESUAI SAMA JENIS KULIT

Produk skincare yang makin beragam, bikin kita penasaran mau nyoba dari A sampe Z Padahal belum tentu semua skincare cocok sama kulit kita karena nggak sesuai sama jenis kulit. Nah kebiasaan kayak gini yang akhirnya bukan ngerawat kulit, malah jadi nimbulin masalah lain di kulit. Misalnya jerawat, duh butuh berhari-hari to get rid of the acne. Jadi, kalo kita mau nyoba berbagai produk skincare coba pastiin kulit jenis kita itu apa, dan kalo udah ditentuin coba buat pake produk tersebut selama 1 sampe 2 minggu.

 

2. GONTA-GANTI SKINCARE

Kesalahan yang ini hampir sama kayak yang di atas. Karena hari pertama nggak cocok, dan ngerasa ada efek yang nggak bagus, akhirnya kita nyoba produk yang lain dengan formula yang beda juga. Dan akhirnya lagi-lagi kebiasaan kaya gitu jadi bikin kita jerawatan deh.

 

3. PAKE SUNSCREEN SAAT CUMA SAAT PANAS

Karena di luar cuacanya mendung kita jadi males buat pake sunscreen pas mau keluar. Guys,  hal kaya gini yang harusnya dihindarin. Karena mau gimana pun cuacanya, pagi atau siang kita wajib banget pake sunscreen.  Bahkan di negara dengan empat musim, para dokter kecantikan juga nyaranin buat tetep pake sunscreen di saat musim dingin.

 

4. TERLALU SERING CUCI MUKA

Terlalu sering cuci muka sebenernya nggak bagus sama sekali lho. Karena, semakin sering kita cuci muka justru bikin kulit kita iritasi dan bisa ngerangsang produksi minyak berlebih. Adanya sebum yang berlebih bisa aja bikin kulit kita berjerawat. Jadi, cukup dengan cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam hari. Kalo kita cuma beraktivitas di dalam ruangan, nggak pake makeup dan nggak terlalu banyak berkeringat, cukup bilas muka kita dengan air hangat di malam hari.

 

5. NGELUPAIN PROSES EKSFOLIASI

Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang punya fungsi mengangkat sel-sel kulit mati. Proses eksfoliasi yang rutin bisa ngasih efek berbeda ke wajah, karena sel-sel kulit mati yang terangkat bakal digantiin dengan sel kulit yang baru. Jadi kalo kita ngelewatin proses yang satu ini, bekas-bekas jerawat kita bakal lebih lama lagi berdiam di kulit muka kita.

 

6. SALAH NGEGUNAIN SKINCARE REMEDY

Natural mask lagi jadi hits banget, bahkan banyak  beauty vlogger yang ngasih tutorial soal natural mask. Mungkin, di awal pake natural mask bakal ada hasil yang bagus. Tapi pernah nggak di tengah-tengah pemakaian kulit kita malah jadi rusak? Nah mungkin ada yang salah saat pakenya, misalnya kurang bersih pas kita cuci muka. Jadi, sebelum kita pake masker yang alami jangan lupa lakuin double cleansing.

 

7. TIDUR PAKE SHEETMASK

Nggak ada salahnya pake sheetmask tiap hari, yang salah adalah kalo kita pake sheetmask dan dibawa tidur. Karena di pake terlalu lama, sheetmask bukan lagi jadi skincare yang buat ngelembapin tapi malah bikin kulit kita kering.

 

8. PAKE BABY WIPES

Baby wipes nggak dirancang buat makeup remover ataupun makeup cleanser. Emang sih setelah digunain bikin kulit kita jadi bersih, kenyataannya baby wipes nggak ngebersihin pori-pori kita lho. Gerakan saat kita ngebersihin wajah pake baby wipes pun juga terlalu harsh untuk kulit wajah.

 

9. CARA PAKE SERUM YANG SALAH

Biasanya serum punya fungsi buat ngilangin bekas jerawat. Tapi gimana ya setelah pake serum, jerawat malah makin banyak?  Jadi sebelum kita pake serum, pastiin kalo kita nggak punya jerawat. Karena kalo kita pake serum saat jerawatan, malah memperparah kondisi jerawat kita.

 

10. LUPA PAKE MOISTURIZER

Sama halnya kayak sunscreen, pelembab atau moisturizer harus tetep jadi skincare yang harus kita pake setiap hari. Biasanya kalo kita selesai ngebersihin wajah, kelembapan alami kita pasti balakal terkikis. Jadi pastiin buat jaga kelembapan kulit kita biar terus seimbang. Jangan lupa juga buat miih pelembap yang teksturnya ringan kayak lotion dan gel.

 

 

 

Sumber: (http://www.gogirl.id)

Post Author: SKteam