3 Jenis Tas Ini Bikin Liburan Kamu Jadi Anti Ribet

Masih suka bingung untuk milih harus bawa koper, backpack atau duffel (tas tenteng) saat traveling? Ternyata ketiganya punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing lho. Coba deh pahami dulu kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis tas ini, agar perjalanan kita nyaman dan nggak terganggu karena repot bawa barang bawaan dan salah milih tas. Let’s check this out!

Kalo perjalanan kita ke luar negeri dan jangka waktu panjang, sangat disarankan untuk pake koper atau bisa juga ditambahkan dengan bawa duffel. Usahakan milih koper yang bahannya nggak mudah rusak, kayak koper jenis hardcase yang berbahan dasar polycarbonate, koper ini lebih tahan banting karena sifatnya yang elastis sedangkan kalo kita lebih suka dengan koper jenis softcase, pilihlah bahan ballistic nylon karena bahan ini lebih nggak gampang robek. Sedangkan untuk duffel, kita bisa memilih yang berbahan polyster nylon atau kanvas.

KENALI-KETIGA-JENIS-TAS-INI-AGARL-IBURAN-KITA-NGGAK-RIBET

Tapi kalo kita hanya bepergian beberapa hari dan dalam jangka tempuh yang dekat, kita bisa kok pake backpack. Ada baiknya memilih ukuran backpack sesuai dengan lamanya perjalanan kita, untuk liburan 2 hari 20-50 liters, 2-3 hari 50-60 liters, 2-5 hari 60-80 liters, dan lebih dari 5 hari bisa pake yang ukuran 80 liters lebih. Untuk bahannya sendiri usahakan cari yang durable material alias kuat, tebal dan nggak gampang robek, kalo bisa yang ada rain cover-nya juga ya sekalian! Jadi saat kena hujan, barang bawaan kita akan aman dan nggak basah.

“Kalo kita ingin keluar negeri berarti harus pake koper dong? Nggak boleh backpack?” Hmm, sebenarnya emang lebih mudah pake koper terlebih jika kita pergi ke Amerika Serikat yang mana keamanannya super duper ketat. Petugas bandara nggak akan segan lho untuk meriksa bahkan ngebongkar barang bawaan kita kalo terlihat mencurigakan. Kalo kita pake koper, nggak perlu khawatir karena resleting kita akan dibongkar paksa, karena koper sekarang udah punya fitur TSA Lock, dimana setiap bandara internasional udah punya kunci TSA Lock tersebut. Sedangkan kalo kita lebih milih untuk pake backpack, mau nggak mau resleting harus dirusak oleh petugas bandara tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Agar barang bawan nggak melebihi dari kapasitas tas yang kita pake, sebaiknya kita buat checklist semua barang dan baju apa aja yang sekiranya nanti kita butuhkan saat berlibur. Dan kalo bisa bawa barang yang punya fungsi ganda atau 2 in 1, seperti pashmina yang bisa digunakan sebagai selimut atau bantal leher berbentuk panjang yang dapat digunakan sebagai guling juga. Karena kapasitas penyimpanan koper luas, kadang kita susahuntuk nemuin barang kecil seperti peralatan mandi. Untuk itu, pake aja beg set storage yang ukurannya udah disesuaikan dengan barang yang akan kita bawa. Dan taruh beg set storage ini di dalam koper bagian beresleting agar gampang dicarinya.

 

KENALI-KETIGA-JENIS-TAS-INI-AGARL-IBURAN-KITA-NGGAK-RIBET

Sedangkan untuk packing, sebenarnya sama aja tekniknya di antara ketiga jenis tas ini. Agar ngehemat ruang penyimpanan, jangan lipat baju seperti kita naruh di lemari tapi gulung baju tersebut lalu ikat dengan karet agar baju nggak mudah lepas. Untuk disimpan di koper, kita bisa taruh sebelumnya di beg set storage berukuran besar lalu kemudian ditaruh di koper. Cara ini lebih mudah untuk nemuin barang yang kita mau cari, karena di beg set storage tersebut kita bisa ngekelompokin barang bawaan berdasarkan jenisnya. Teknik baju digulung ini juga bisa diterapkan di jenis tas duffle dan backpack lho.

 

KENALI-KETIGA-JENIS-TAS-INI-AGARL-IBURAN-KITA-NGGAK-RIBET

Untuk packing di backpack, kita juga bisa lipat baju kita kayak biasa dan dimasukin ke beg plastic kedap udara. Karena sifatnya yang kedap udara jadi otomatis saat baju dimasukkan kita bisa nekan udara di beg tersebut sampe keluar, lalu bisa juga kita gulung kembali agar lebih mudah saat dimasukkan ke backpack. Untuk pengaturan saat dimasukkin ke backpack, koper ataupun duffle di tempat paling dasar taruh barang bawaan yang jarang kita gunakan, seperti selimut, jaket, celana panjang, di tingkat kedua bisa ditaruh baju harian, di tingkatan akhir taruh barang bawaan yang sering kita gunakan, kayak peralatan mandi, handuk dan pakaian dalam. Voila! Dengan tips di atas, saatnya ucapkan ready to go holiday!!!

 

 

 

 

Sumber: (http://www.gogirl.id)

Post Author: SKteam