Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Monitor Gaming

Berbeda ketika menggunakan konsol, pengalaman bermain game dengan perangkat PC adalah kombinasi dari banyak komponen yang menghasilkan output yang sedap dipandang.

Bagi kamu para PC gamer, menggunakan perangkat PC tentu memiliki kelebihan tersendiri dibanding menggunakan konsol. Fleksibilitasnya untuk di-upgrade menjadikan PC sebagai perangkat nge-game yang bisa beradaptasi dengan kemajuan jaman, dalam hal ini, teknologi grafis yang makin canggih di videogame.

Bicara soal komponen PC buat nge-game, pasti yang pertama terngiang adalah Graphic Processing Unit (GPU), yang biasa disebut juga dengan kartu grafis. Meski berperan penting sebagai “otak” pengolah grafis, monitor juga berperan untuk memunculkan olahan grafis supaya tidak bottleneck.

Jika kamu merencanakan meng-upgrade monitor untuk kebutuhan bermain game, ada beberapa kriteria yang perlu kamu perhatikan berikut ini.

Pertama, resolusi

Angka-angka yang tercantum di boks monitor bukan hanya untuk mengukur jumlah pixel, namun juga tingkat ketajaman yang ditampilkan di layar. Game dengan resolusi tampilan tertentu akan tampil lebih baik di layar dengan resolusi kecil, dibandingkan dengan layar resolusi besar. Hal ini dikarenakan tiap pixel “ditarik” untuk ditampilkan lebih lebar di layar dengan resolusi besar.

 

Tipe-tipe panel monitor dan keistimewaannya

Sebelum membeli monitor, pastikan dulu kamu mengetahui tipe panel yang digunakan, sebab bisa berdampak ke kualitas grafis dalam game. Umumnya, terdapat 4 tipe panel monitor yang tersedia di pasaran, antara lain:

Twisted Nematic (TN)

Varian panel Twisted Nematic adalah tipe LCD yang pertama kali hadir. Varian ini tidak direkomendasikan untuk tujuan bermain game, sebab akurasi warna yang tidak seakurat panel jenis In-Plane Switch (IPS). Meski begitu, monitor dengan panel jenis TN relatif lebih murah dari tipe-tipe monitor lain.

 

In-Plane Switching (IPS)

Varian berikutnya adalah IPS atau In-Plane Switching. Menyoal akurasi warna, IPS panel jauh mengungguli panel jenis TN. IPS panel menawarkan tampilan warna yang akurat meski dilihat dari sudut pandang ekstrim sekalipun. Berkat akurasi warna ini, monitor jenis IPS rata-rata lebih mahal dibanding monitor dengan panel TN.

Vertical Alignment (VA)

Monitor yang menggunakan panel jenis Vertical Alignment (VA) memiliki keunggulan dari segi produksi warna dibanding monitor dengan panel TN, juga mengungguli panel jenis IPS dalam hal waktu respons.

Organic Light-Emitting Diode (OLED)

Teknologi display yang satu ini jauh mengunggulai dari ke-3 jenis display sebelumnya. Ini dikarenakan monitor yang mengadaptasi OLED tidak memiliki pencahayaan belakang yang terpisah, melainkan memiliki satuan pixel yang mampu memproduksi cahayanya sendiri. Artinya, monitor OLED mampu memproduksi warna dengan akurasi tinggi, semisal warna gelap yang lebih pekat.

Perhatikan juga refresh rate-nya

Yang dimaksud dengan refresh rate pada sebuah monitor adalah jumlah maksimal frame yang dapat ditampilkan dalam satu detik, yang memiliki indikator Hz.

Kini sudah banyak monitor dengan harga terjangkau yang memiliki hitungan refresh ratesebanyak 60Hz, mampu menampilkan frame sebanyak 60 buah dalam 1 detik. Artinya, monitor dengan refresh rate 60Hz mampu menampilkan grafis game yang mendukung jumlah frame-rate 60 (60 FPS).

Untuk keperluan bermain gamerefresh rate memegang peran penting. Khususnya kamu yang memiliki komponen PC tinggi, hindari bottleneck dengan menggunakan monitor yang memiliki refresh rate rendah. Sebaiknya cari monitor yang memiliki refresh rate lebih dari 120Hz.

Itulah tadi kriteria penting yang sebaiknya kamu tahu sebelum membeli monitor untuk nge-game.

Artikel Asli: https://www.bukalapak.com/blog/technology/hal-yang-perlu-kamu-tahu-sebelum-membeli-monitor-gaming-10032

Post Author: SKteam