Ini Dia Alasan Kenapa Kita Butuh Hengkang Dari Dunia Maya

Seperti kebiasaan makan tiga kali dan mandi dua kali sehari, saat ini media sosial juga udah jadi bagian dari rutinitas sehari-hari kita, ya nggak guys? Coba deh itung berapa kali kita ngecek Twitter, Instagram, dan akun-akun media sosial lainnya dalam sehari. Dijamin lebih sering dari jadwal makan dan mandi kita he he..

 

Selain jadi tujuan buat nyari informasi, bereksplorasi di media sosial emang seru banget. Tapi sadar nggak sih kalo sebenernya sesekali kita kita butuh break dari rutinitas yang satu ini? Bahkan Selena Gomez, the most followed person on Instagram aja ngaku kalo dia perlu break dari media sosial every now and then. Well, begitu juga dengan kita!

Mungkin sebelumnya kita udah sering denger atau baca soal efek-efek negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan. Cuma nggak bisa dipungkiri, platform-platform tersebut juga ngebawa banyak  banget manfaat buat kita. Makannya hal paling tepat yang bisa kita lakuin adalah stay away from it when we feel like we need it atau biasa disebut dengan istilah social media detox, kayak apa yang dilakuin Selena. Hmm.. menarik.

Tertarik buat nyoba? Atau masih ragu buat pisah sejenak sama akun Twitter dan Instagram kita? Coba deh simak manfaat apa aja yang bisa kita dapet dari social media break di bawah ini!

 

1. LEBIH FOKUS PADA DIRI SENDIRI

Image result for ladybird gif

Sadar nggak sih kalo ketika berada di dunia media sosial kita cenderung lebih fokus pada kehidupan orang lain dibanding kehidupan kita sendiri? Nggak jarang kita ngerasa iri dengan pengalaman temen yang di-share di media sosial, atau bahkan sampe ngerasa terintimidasi dengan pencapaian mereka. Misalnya aja, pernah nggak ada yang ngerasa minder setelah ngeliat foto-foto wisuda temen di Instagram? Sedangkan skripsi kita udah berbulan-bulan stuck di situ-situ aja, hiks.. Sadar atau nggak, media sosial emang seringkali ngebuat kita suka ngebandingin diri dengan orang lain. Nah, dengan sesekali break dari media sosial, kita bisa ngegunain waktu tersebut buat lebih fokus pada diri kita sendiri.

 

2. LEBIH MENIKMATI MOMEN

Related image

Bukannya nikmatin konser yang lagi ditonton, kita malah sibuk ngetweet atau ngerekam penampilan penyanyi kesukaan kita dengan maksud mau pamer di media sosial. Atau bukannya meluk temen yang udah lama nggak kita temui, kita malah megang hp buat ngerekam kedatengannya dan update di Instagram story. Hayoo.. Siapa yang pernah ngelakuin ini?

Yes, social media often distract us from the moment. Bukannya nikmatin apa yang lagi kita liat atau lakuin pada saat itu, kita malah terdistraksi dengan apa yang pengen kita update di media sosial. Sekedar scrolling timeline juga bisa ngalihin perhatian kita dari apa yang sebenernya lebih worth it buat diliat atau dinikmatin lho.. Misalnya aja pemandangan di luar jendela bus sepanjang jalan pulang. Dengan break dari media sosial, semoga aja kita bisa lebih ngehargain momen-momen kayak gini and fully enjoy it.

 

3. LEBIH MENGHARGAI ORANG YANG LAGI BERSAMA KITA

Related image

Selain ngelewatin momen, media sosial juga seringkali ngebuat kita lupa sama orang-orang yang lagi bersama dengan kita di momen tersebut. Pernah nggak kita lagi makan di luar bareng keluarga tapi bukannya ngobrol sama mereka, kita malah sibuk scrolling timeline di hape? Mama dan Papa juga sibuk sama group chat Whatsapp mereka masing-masing. Sedih nggak sih? Pada saat menghadapi hal-hal kayak gini nih biasanya kita sadar kalo kita butuh break dari media sosial. Dengan ngejauh dari media sosial sejenak, kita bisa lebih fokus berkomunikasi dengan mereka yang actually matters to us, bukan sekedar temen yang cuma kita liat lewat layar gadget.

 

4. MELEPAS DIRI DARI KETERGANTUNGAN TERHADAP PENDAPAT ORANG LAIN

Image result for ladybird gif

Salah satu bahaya media sosial adalah adanya kemungkinan kita kejebak dalam mindset of seeking validation from others. Kita jadi selalu ngerasa perlu pengakuan dari orang lain. Kita jadi haus perhatian! Padahal harusnya kebahagiaan kita cuma ditentuin oleh diri kita sendiri, bukan banyaknya jumlah retweet atau likes di postingan media sosial kita. Begitu kita upload selfie di Instagram terus nggak banyak yang nge-like, kita langsung ngerasa nggak percaya diri dan buru-buru ngapus foto tersebut. Duh, jangan sampe gini ya guys. Dengan sesekali break dari media sosial, kita bisa berusaha buat ngelepas diri dari ketergantungan terhadap pendapat orang lain kayak gini, dan ini penting banget!

 

5. LEBIH PRODUKTIF

Image result for ladybird gif

Yakin deh kebanyakan dari kita pasti langsung otomatis ngebuka media sosial ketika lagi bosen. Padahal ada banyak banget hal yang bisa kita lakuin buat ngisi waktu luang kita selain cuma scrolling timeline atau berkeliaran di internet. Dengan break dari media sosial, kita bisa ngedorong diri kita buat ngisi waktu luang dengan hal-hal yang lebih berguna. Misalnya aja baca buku yang udah lama pengen kita selesain tapi nggak pernah kelaksana, atau sekedar buka situs berita buat nyari tau informasi terkini instead of liat-liat update di Twitter atau Instagram.

 

Post Author: SKteam