Bikin Clay Mask Sendiri Yuk, Sesuai Jenis Kulit Kamu

Satu lagi tren kecantikan yang lagi booming banget belakangan ini clay mask. Banyak brand merilis clay mask, mulai dari brand kecantikan konvensional hingga yang klaimnya natural organik. Tau nggak, kita bisa bikin DIY clay mask sendiri lho yang bahan campurannya disesuaikan dengan jenis kulit kita. Sebelum itu, kita perlu tau kalo clay ini banyak macamnya, white clay yang biasa, pink clay, green clay, red clay, montmorillonite clay, bentonite clay, dan banyak lagi. Di toko perlengkapan organik skincare, clay biasanya dijual dalam bentuk powder.

 

Clay mask atau masker lumpur pada dasarnya punya sifat absorbing atau menyerap apapun  minyak, racun, juga kelembapan kulit. Bagus banget untuk mendetoks kulit atau membersihkan pori-pori. Makanya, memakai clay mask nggak boleh setiap hari. Tipsnya sih, bersihkan masker sebelum kering 100% dan tetap gunakan hydrating toner setelahnya. Nggak sabar mau bikin DIY clay mask sesuai jenis kulit ? Yuk, simak resepnya !

 

UNTUK KULIT NORMAL

YUK-BIKIN-SENDIRI-CLAY-MASK-SESUAI-JENIS-KULIT-KAMU!

Kulit normal cenderung lebih mudah dirawat. Yang penting ternutrisi dan senantiasa dijaga kebersihannya. Resep DIY clay mask untuk kulit normal pun gampang banget. Cukup campurkan white clay bubuk dengan rose water untuk mengurangi kulit kusam dan lelah. Resep lain, bisa juga gunakan peppermint hydrosol sebagai campuran clay bubuk untuk efek soothing dan calming.

 

UNTUK KULIT SENSITIF ATAU KERING

YUK-BIKIN-SENDIRI-CLAY-MASK-SESUAI-JENIS-KULIT-KAMU!

Pemilik kulit sensitif biasanya akan khawatir over eksfoliasi memakai clay mask karena sifatnya yang detoxifiying sekaligus exfoliating. Oleh karena itu, pilih pink clay yang merupakan jenis clay paling ringan. Cukup lembut untuk kulit sensitif dan nggak terlalu mengeringkan untuk kulit kering. Campurannya bisa chamomile hydrosol. Chamomile sudah terkenal sebagai healing agent, dapat menenangkan kulit sensitif sekaligus menghidrasi.

 

UNTUK KULIT BERMINYAK

YUK-BIKIN-SENDIRI-CLAY-MASK-SESUAI-JENIS-KULIT-KAMU!

Mengingat clay memang sifatnya menyerap minyak, hampir semua resep clay mask kompatibel dengan jenis kulit berminyak. Tapi yang paling umum dan terbukti ampuh adalah kombinasi white clay dan activated charcoal. Selain dapat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah, gabungan dua bahan ini dapat membersihkan komedo, mengatasi pori-pori tersumbat, serta mencerahkan wajah. Untuk pelarutnya, gunakan air matang. Ingat, activated charcoal yang dipakai cukup sedikit saja.

 

UNTUK KULIT BERJERAWAT

YUK-BIKIN-SENDIRI-CLAY-MASK-SESUAI-JENIS-KULIT-KAMU!

Resep pertama: 1 sdm clay bubuk, 1 sdm aloe vera gel, 1 sdt madu, 1 tetes lavender essential oil, dan 1 tetes tea tree essential oil. Campuran bahan-bahan ini bagus banget untuk kuit breakout, jadi lebih kalem, jerawat lekas mengering, dan bekas-bekasnya tersamar. Tapi agak ribet ya, banyak kombinasi bahannya.

Resep kedua yang lebih simpel: cukup campurkan green clay dan tea tree hydrosol hingga adonannya seperti pasta, lalu aplikasikan ke kulit.  Green clay bagus banget untuk deep cleansing, mengecilkan pori-pori, serta mengatasi berbagai problem kulit. Tea tree hydrosol memiliki manfaat seperti tea tree essential oil namun lebih ringan. Cocok untuk kulit berjerawat.

 

 

Sumber: (gogirl.id)

Post Author: SKteam