Ini Dia Rentetan Manfaat PETROLEUM JELLY Buat Kita

Setuju nggak kalo Petroleum Jelly atau biasa disebut juga petrotalum jadi salah satu skincare yang wajib kita punya? Karena kegunaan dan manfaatnya yang banyak banget, banyak orang yang makin jatuh cinta sama produk yang satu ini. Tapi, tau nggak sih guys, ternyata penggunaan Petroleum Jelly bisa juga menyebabkan efek samping kalo kita menggunakan di daerah yang nggak dianjurkan. Yuk cari tau apa Benefits dan Dangersnya

 

APA ITU PETROLEUM JELLY?

Petroleum jelly adalah campuran minyak mineral dan wax, yang membentuk zat mirip jelly semi padat. Produk ini nggak banyak berubah semenjak ditemukan Robert Augustus Chesebrough pada tahun 1859. Yup, udah segitu lamanya! Ide pembuatan Petroleum Jelly ini pertama kali muncul saat Chesebrough ngeliat para tukang kayu ngegunain minyak lengket untuk nyembuhin luka bakar mereka.

Image result for PETROLEUM JELLY

BENEFITS DAN KEGUNAAN PETROLEUM JELLY

  1. Menyembuhkan luka kecil dan luka bakar. Sebuah studi nunjukkin kalo petroleum jelly efektif dalam menjaga kelembapan kulit selama penyembuhan pasca operasi. Selain bisa melembapkan kulit selama penyembuhan pasca operasi, petroleum jelly juga bisa digunain buat luka kecil dan luka bakar. Sebelum pake petroleum jelly. Pastiin permukaan dan area yang mau kita oles  petroleum jelly bersih. Karna kalo area tersebut nggak bersih, bakal banyak bakteri yang menumpuk dan memperlabat proses penyembuhan.
  1. Melembabkan. Karena teksture jellynya, petroleum jelly bisa banget kita jadiin pelembab buat seluruh badan lho. Cara pakenya juga gampang banget, kita bisa pake petroleum jelly sehabis mandi. Selain bisa digunain di seluruh badan petroleum jelly juga bisa jadi pelembab buat hidung dan bibir kita yang kering.
  1. Help for pet paws. Ternyata petroleum jelly nggak cuma bisa digunain sama manusia lho guys, binatang peliharaan kita kayak kucing dan anjing bisa juga pake petroleum jelly. Biasanya petroleum jelly digunain di bagian telapak kaki peliharaan kita. Cara pakenya juga gampang, tinggal bersihin aja kaki anjing atau kucing dan setelah itu kita bisa langsung oles petroleum jellynya.
  1. Remove your eye makeup. Karena bahan dasarnya adalah minyak, petroleum jelly bisa jadi eye makeup remover kita lho. Berdasarkan studi pada ultrasound mata petroleum jelly aman banget digunain di area sekitar mata. Kita bisa pake kapas atau cotton bud buat ngebersihinnya.
  1. Protect your hair. Buat kita yang sering di luar dan panas-panasan  petroleum jelly bisa banget nih jadi salah satu pelindung rambut kita. Selain nambah kilau rambut kita petroleum jelly juga bisa ngurangin ujung rambut kita yang pecah dan bercabang.  Nggak cuma itu, petroleum jelly juga bagus digunain sebelum kita berenang agar rambut kita nggak terpapar langsung dengan air kolam.

 

Image result for PETROLEUM JELLY

THINGS TO NOTE FROM PETROLEUM JELLY

Walaupun banyak kegunaan dan manfaatnya, penggunaan petroleum jelly di area sensitif bisa nyebabin beberapa hal lho guys. Nah ini beberapa efek samping yang bisa terjadi kalo kita salah pas ngegunain petroleum jelly.

  • Alergi : Beberapa orang punya jenis kulit yang berbeda. Nah jenis kulit yang sensitif biasanya alergi kalo ngegunain produk dari minyak bumi. Jadi sebaiknya kita selalu mastiin kalo kulit kita baik-baik aja dan nggak ada iritasi selama penggunaan petroleum jelly ya guys.
  • Infeksi: Kalo kita pake petroleum jelly di area kulit yang masih basah atau kita nggak ngebersihin area kulit sebelum pake petroleum jelly, ternyata bisa menyebabkan infeksi jamur dan bakteri lho!
  • Efek menghirup petroleum jelly : Buat kita yang biasa pake petroleum jelly di daerah sekitar hidung harus lebih hati-hati. Karena kalo kita terlalu sering menghirup bau dari petroleum jelly yang punya bahan dasar mineral minyak, bisa menyebabkan aspiration pneumonia.

 

 

 

 

Sumber (http://www.gogirl.id)

Post Author: SKteam