Mau Naik Pesawat? Pake Sun Screen Dulu Ya!

Untuk Kamu yang sudah biasa naik pesawat, pasti sudah tak asing dengan kegunaan sunblock atau tabir surya untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Biasanya tabir surya lebih sering dipakai saat akan bepergian terutama ke luar ruangan. Tapi ternyata tabir surya ini penting sekali dipakai saat akan naik pesawat lho. Apa sih alasannya?

Walaupun di dalam pesawat, ternyata kamu bisa lebih terpapar sinar matahari yang berbahaya. Sehingga dibutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit.

“Meskipun jendela pesawat bisa menghalangi sinar UVB, sinar UVA masih bisa menembus dan memberikan paparan dengan tingkat tinggi. Paparan sinar UV tidak selalu melakukan perjalanan sejauh mungkin untuk dapat menyebabkan kerusakan. Namun kerusakan bisa jauh lebih hebat ketika berada pada ketinggian yang lebih tinggi,” ujar Dr Marisa Garshick seorang ahli dermatologi dari Weill Cornell Medical College.

Image result for Sun screen

Korelasi antara sinar matahari dan penerbangan dengan pesawat ini diteliti dan diterbitkan dalam Dermatologi JAMA pada 2015. Penelitian tersebut mengukur jumlah radiasi UV di dalam kokpit pesawat. Ditemukan fakta bahwa pada ketinggian 30.000 kaki, seseorang dapat terpapar karsinogen berbahaya selama 56 menit. Bahayanya setara dengan apa yang didapatkan ketika berada di kokpit pesawat selama 20 menit. Inilah yang membuat para penumpang wajib mengenakan tabir surya ketika berada di pesawat.

Para penumpang disarankan melindungi kulit dari sinar UVA. Karena UVA sendiri dapat menjadi penyebab penuaan kulit dan kanker kulit. Dr Garshick merekomendasikan agar para penumpang pesawat menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Tabir surya dengan SPF 30 cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Gunakan sunblock ini sekitar 30 menit sebelum penerbangan. Penggunaan harus diulang setiap dua jam sekali, terutama jika kamu melakukan penerbangan jangka panjang. Pastikan kamu membawa sunblock dalam jumlah kecil agar diizinkan masuk pesawat ya Ladies.

 

 

 

 

Sumber: (Vemale.com)

Post Author: SKteam