Nintendo Switch vs Xbox One, Pilih yang Mana?

Nintendo Switch (Foto: TechSpot)

Kamu saat ini sedang dihadapkan di posisi sulit. Kamu harus memilih antara Xbox One atau Nintendo Switch. Kamu ingin tahu perbedaan di antara keduanya? Kamu datang ke tempat yang tepat, kami akan menjabarkan perbedaan di antara Xbox One dan Nintendo Switch dalam artikel berikut ini!

Oh ya, jika kamu ingin tahu perbedaan Xbox One dan Nintendo Switch dari segi spesifikasi dan performa, baca saja artikel berikut ini: Ini Perbandingan Spek Nintendo Switch dan Xbox One, Mana Lebih Kuat?

Nintendo Switch vs Xbox One, desain

Xbox One (Foto: Wccftech)

Untuk urusan desain, Xbox One dan Nintendo Switch sebenarnya mesin yang berbeda. Xbox One tampak seperti konsol game tradisional. Ia lebih berat dan juga membutuhkan lebih banyak space ketimbang Nintendo Switch, bahkan jika dibandingkan dengan Xbox One S yang memiliki dimensi paling kecil sekalipun.

Dalam mode konsol, Nintendo Switch yang punya layar 6,3 inci dimasukkan ke sebuah dock, yang dimensinya benar-benar kecil.

Nintendo Switch vs Xbox One, fitur

Nintendo Switch (Foto: VG247)

Mungkin kamu berpikir, apa yang dibutuhkan untuk bermain game secara online. Untuk Xbox One, kamu membutuhkan keanggotaan Xbox Live untuk bermain game multiplayer secara online. Harganya sekitar USD 60 untuk setahun, tetapi kamu akan mendapatkan akses ke dua game gratis setiap bulannya pada program Xbox Live Gold.

Saat ini, bermain multiplayer secara online masih gratis di Nintendo. Akan tetapi, Nintendo sudah menyiapkan layanan berlangganan bernama Nintendo Switch Online dengan biaya berlangganan USD 20 setiap tahunnya. Pengguna Nintendo Switch juga akan menerima satu game klasik setiap bulannya, tetapi hanya bisa dimainkan di bulan itu saja.

Satu catatan, Xbox menawarkan pengalaman online yang lebih menyenangkan karena memiliki fitur voice chat, sistem party, dan elemen media sosia. Sementara itu, untuk berkomunikasi dalam game Nintendo Switch dibutuhkan aplikasi mobile dedicated.

Nintendo Switch vs Xbox One, daya tahan baterai controller

Xbox One S (Foto: Windows Central)

Nintendo Switch sendiri sebenarnya adalah konsol portable, sehingga daya hidup baterai patut dipertimbangkan. Nintendo Switch sebenarnya bisa hidup selama 2,5 jam hingga 6 jam dalam sekali charge penuh, tergantung game.

Joy-con, controller Nintendo Switch, dapat bertahan 20 jam dalam sekali charge. Sementara itu, controller Xbox One bisa bertahan hidup selama 40 jam dengan baterai AA, atau 30 jam dengan baterai rechargeable bikinan Microsoft.

Baru beli Nintendo Switch? Baca ini: 5 Tips Jitu Merawat Konsol Nintendo Switch.

Nintendo Switch vs Xbox One, konten

Nintendo Switch (Foto: Nintendo America)

Nintendo Switch dan Xbox One sama-sama menawarkan game yang menarik. Xbox One punya game eksklusif menarik, seperti Forza Horizon 3, Halo 5: Guardians, Sunset Overdrive, Ori and the Blind Forest, dan Cuphead. Xbox One sendiri sudah berumur empat tahun sehingga kumpulan game sudah lebih banyak.

Sementara itu, meski Nintendo Switch baru dirilis, konten yang dihadirkan sudah sangat menarik, bahkan mampu menyamai Xbox One yang sudah berumur empat tahun. Game-game yang tersedia di Nintendo Switch antara lain Legend of Zelda: Breath of The Wild, FIFA 18, Super Mario Odyssey, Mario Kart 8 Deluxe, hingga Xenobalde Chronicles 2.

Nintendo Switch vs Xbox One, pilih yang mana?

Nintendo Switch (Foto: Wccftech)

Dengan berjalannya waktu, Xbox One sudah berevolusi menjadi mesin multimedia, tidak hanya untuk game saja. Dari segi game, perangkat ini dibekali dengan berbagai judul game menarik. Selain itu, grafis yang ditawarkan Xbox One sudah dijamin bagus dan tinggi.

Di AS, Xbox One sudah dilengkapi dengan berbagai hiburan lainnya, seperti TV cable. Sayangnya, hiburan seperti itu belum dirilis di Indonesia.

Sementara itu, Nintendo Switch memiliki prospek yang bagus. Ia punya kemungkinan untuk menghadirkan gameplay yang “di luar kotak” atau pemikiran kita selama ini. Salah satunya adalah Labo, yang bisa kamu baca di sini penjelasannya. Konsep Nintendo Switch juga menarik, bisa dijadikan konsol game seperti pada umumnya (dihubungkan ke TV) atau jadi konsol handheld.

Jika kamu ingin mencari game super serius, hanya ingin bermain di rumah saja, dengan grafis yang tinggi, pilih saja Xbox One.

Jika kamu ingin mencari game yang lebih cheerful (meski ada juga game serius di Switch), gameplay yang unik, tidak membutuhkan tempat yang begitu banyak di rumah, kamu sebaiknya memilih Nintendo Switch.

Nah, kamu sendiri lebih memilih Xbox One atau Nintendo Switch?

Artikel Asli: https://www.bukalapak.com/blog/gadget/nintendo-switch-vs-xbox-one-pilih-yang-mana-14913

Post Author: SKteam