7 Cara Supaya Diet Kamu Tidak Berantakan Saat Traveling

Normal rasanya jika kamu (dalam hati) ingin break sebentar dari diet sehat selagi traveling. Apa kamu bisa memaafkan diri sendiri saat menolak sodoran stroopwaffels dari saudara kamu saat sedang di Amsterdam, atau satu scoop gelato waktu di Italia?

Tanpa bermaksud melakukan body shaming ataupun mendorong kamu untuk mencurangi diet, namun kamu tak boleh menyangkal kenyataan bahwa pilihan makanan dan minuman tak sehat akan berdampak pada tubuh. Kamu pastinya ingin kembali dari liburan dengan hati tenang dan pikiran yang sudah relaks, bukan isi hati yang penuh penyesalan akan pasta dan gula yang sudah dikonsumsi selagi traveling. Nah, begini tipsnya supaya diet kamu tidak berantakan selagi traveling tapi tetap bisa makan enak.

1. Tetap teratur
Bepergian dapat merusak sistem pencernaan bahkan bisa membuat kamu merasa kembung. Kamu juga tidak dapat memprediksi bagaimana dan kapan kamu akan menemukan restoran selagi bepergian, namun kamu tetap harus menjaga kesehatan lambung dan usus (apalagi kalau kamu hobi dengan jajanan pinggir jalan)

TIPS: Bawalah probiotik. Ambil yogurt atau minum Kombucha (keduanya probiotik yang sangat baik), ini akan membantu membantu proses pencernaan kamu berjalan lancar walaupun jam makan sedang tidak beraturan.

2. Makanan di pesawat tidak harus selalu dimakan
Hanya karena sudah membayarnya tidak berarti kamu harus menghabiskannya semua. Makanan yang disajikan di pesawat tidak hanya hambar dan boring, tetapi penuh dengan sodium a.k.a. bahan yang membuat Anda merasa AF kembung.
TIPS: Hindari makan telur, kalau perlu bawa makanan kesukaan kamu yang dibeli di airport tadi.

3. Jaga supaya tubuh terhidrasi

Kita akan cenderung lupa minum air putih ketika terlalu aktif bergerak. Apalagi jika tempat yang kamu tuju adalah kota yang tidak menyediakan air minum keran gratis.

TIPS: Bawalah botol minum kecil yang mudah dibawa-bawa di dalam tas, yang membantu mengingatkan kamu untuk tetap terhidrasi setiap kali kamu sedang membuka tas. Isi minimal dua kali sehari, dan usahaka untuk minum air putih daripada membeli minuman manis yang akan menghabiskan jatah uang kamu.

BACA JUGA: Cara Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

4. Bikin sarapan sendiri
Kita tahu bahwa melewatkan sarapan bukan ide yang baik, terutama saat traveling karena kamu pasti membutuhkan lebih banyak energi. Sarapan di restoran pastinya kan mahal, plus belum tentu menunya cocok untuk keadaan lambung kamu.

TIPS: Beli muesli dan susu untuk menu sarapan buatan di hotel tempat kamu menginap. Menu ini selalin sehat juga mengenyangkan sampai siang hari, dan MURAH!

5. Berlatih teknik hara hachi bun me
Hara hachi bun me adalah cara makan orang Jepang hanya sampai kamu kenyang 80%. Jepang memiliki populasi centenarian (orang yang hidup hingga usia 100 tahun) tertinggi di dunia dan BMI yang sangat sehat, jadi mereka tahu banyak hal tentang hidup sehat.
FYI saja, otak kamu membutuhkan waktu 20 menit untuk merasakan sinyal kekenyangan. Terkadang kamu merasa kenyang atau belum adalah berdasarkan apa yang kamu lihat di piring, bukan berdasarkan dari perasaan kamu.

TIPS: Untuk berlatih Hara hachi bun me, berhentilah makan ketika kamu merasa seperti hampir kenyang dan minta sisa makanan untuk dibawa pulang. Nah, kamu jadi tidak makan berlebihan dan masih punya makanan untuk dimakan nanti.

6. Tahu batas kenikmatan
Anda tidak dapat mempraktikkan mentah-mentah makan sepuasnya seperti di film Eat Pray Love, lalu kelimpungan kenapa celanan jeans kamu tidak muat lagi sepulang liburan. Hal terbaik saat liburan adalah mencoba makanan lokal, tapi setiap kali makan dengan porsi besar tidak membuat tubuh kamu tetap ideal. Memakai alasan liburan untuk makan enak bukanlah keuntungan yang akan kamu syukuri saat pulang, lho.

TIPS: Hadiahi diri sendiri untuk makan seporsi sendirian satu-dua kali sehari dan di pesanan berikutnya, pilih makanan dengan porsi kecil saja.

7. Tidak lebay ngemil

Salah satu bagian tersulit untuk tetap sehat saat bepergian adalah kala menahan keinginan untuk singgah ke toko makanan atau jajanan lokal yang dilewati sepanjang jalan.

TIPS: Izinkan diri sendiri untuk mampir mencoba jajanan lokal tidak lebih dua kali sehari karena sayang kan jika sudah jauh-jauh ke Italia tapi tidak mencoba gelato autentiknya. Pastikan pula dalam daftar camilan itu ada hal-hal seperti kacang-kacangan, buah atau sayuran.

(cosmopolitan.co.id)

Post Author: SKteam