Manfaat dan Kegunaan Melakukan Senam Kegel

Melakukan Senam Kegel dapat dengan mudah dilakukan dimana saja. Senam ini sendiri adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Manfaat yang didapat dari melakukan senam Kegel adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kontrol otot untuk buang air.
  2. Bermanfaat meningkatkan performa seksual.
  3. Untuk ibu hamil, senam Kegel bermanfaat memperlancar proses persalinan.

Senam Kegel dapat dilakukan selama kehamilan atau setelah persalinan. Senam Kegel sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang mengalami masalah ini:

  1. Tidak sengaja mengeluarkan urine saat batuk, tertawa, atau bersin.
  2. Melemahnya otot yang mengontrol buang air besar.
  3. Otot panggul yang melemah dan melebar pascapersalinan yang menyebabkan turunnya rahim.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam ini tidak membutuhkan tahapan rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Senam sehat ini dapat dilakukan sambil berbaring loh, berikut tahapannya:

  1. Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah Anda. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testis akan naik.
  2. Kosongkan kandung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah Anda, tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.
  3. Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, serta tetaplah bernapas dengan santai.
  4. Ulangi gerakan ini tiga kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3×10 kali. Namun hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena justru dapat melemahkan otot panggul serta justru berisiko mengidap infeksi saluran kencing.

Nah itu guys cara melakukan senam kegel, yuk buruan dicoba agar kamu menjadi lebih sehat

Sc:alodokter.com

 

Post Author: akbar