Cara Aman Menggunakan Situs Jual Beli Online

Jaman sekarang sepertinya kehidupan kita tidak bisa jauh dari situs jual beli online. Berbelanja online mempunyai kemudahan seperti mempersingkat waktu, mempermudah pembayaran, dan memberikan banyak pilihan barang. Tettapi ternyata beberbelanja di situs jual beli online tidak selamanya aman loh. Banyak penipu yang berkedok penjual bahkan website yang tidak terpercaya, tersebar didunia maya saat ini.

Kali ini kita bakal kasih tau kamu nih, cara aman beberbelanja secara online:

1.Hanya menggunakan website/situs yang terpercaya.

Sudah banyak website jual beli online yang tersebar di dunia maya. Situs jual beli yang dapat diakses oleh kita tidak hanya berasal dari dalam negri namun banyak yang berasal dari luar negri. Untuk kamu yang sangat suka berbelanja online, usahakan selalu mencari tahu keamanan sebuah situs. Kamu harus mencari tau reputasi yang dimiliki situs tersebut, agar terhindar dari mengakses situs yang memiliki reputasi yang buruk.

2.Memilih Penjual yang terpercaya

Banyak pertanyaan tentang bagaimana ya cara mengetahui atau menemukan penjual yang benar. Sebenarnya cara termudah adalah dengan mencari tahu testimoni / bukti penjualan dari penjual atau toko tersebut. Namun jaman sekarang bukti penjualan dapat dibikin secara palsu dan tidak asli. Cara lainnya adalah menanyakan apakah mereka mempunyai toko fisik. Dengan mengetahui lokasi toko fisik dari penjual online kamu dapat meminimalisir penipuan.

3.Menggunakan rekening bersama

Cara ini terbilang sangatlah adil bagi penjual maupun pembeli. Biasanya dengan menggunakan rekening bersama, uang baru akan diteruskan apabila barang sudah sampai. Untungnya jaman sekarang sudah banyak website jual beli online yang menyediakan jasa ini.

4.Selalu mengecek dan membandingkan barang yang akan dibeli

Misalkan kamu ingin membeli tas merek A, di sebuat toko online, kami sarankan kamu mengecek di website lain untuk mendapatkan perbandingan harga dan kualitas. Dengan melakukan hal ini, kamu juga dapat menemukan penjual lain yang lebih terpercaya dengan harga yang lebih bersaing.

 

Nah itu tadi guys beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar transaksi kamu di situs jual beli online menjadi aman. Selamat dicoba ya.

Post Author: akbar